Chemical Au-Aulia

Follower

Senin, 02 Januari 2012

Seklumit Tentang Linux

Linux, pastinya sudah tidak asing ditelinga anda. Linux merupakan salah satu sistem operasi pada komputer yang bertipe unix. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman.

Foto di atas merupakan foto Linus Torvalds. Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer.
Pada dasarnya linux merupakan sistem operasi bertipe Unix modular. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar Unix yang dikembangkan dalam kurun waktu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan sebuah kernel monolitik, kernel Linux yang menangani kontrol proses, jaringan, periferal dan pengaksesan sistem berkas. Device driver telah terintegrasi ke dalam kernel.
Banyak fungsi-fungsi tingkat tinggi di Linux ditangani oleh proyek-proyek terpisah yang berintegrasi dengan kernel. Userland GNU merupakan sebuah bagian penting dari sistem Linux yang menyediakan shell dan peralatan-peralatan yang menangani banyak fungsi-fungsi dasar sistem operasi. Di atas kernel, peralatan-peralatan ini membentuk sebuah sistem Linux lengkap dengan sebuah antarmuka pengguna grafis yang dapat digunakan, umumnya berjalan di atas X Window System.
Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Linux bukan satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut, walaupun demikian Linux adalah contoh terbaik dan terbanyak digunakan. Beberapa lisensi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka berdasarkan prinsip-prinsip copyleft, sebuah konsep yang menganut prinsip: karya yang dihasilkan dari bagian copyleft harus juga merupakan copyleft. Lisensi perangkat lunak bebas yang paling umum, GNU GPL, adalah sebuah bentuk copyleft, dan digunakan oleh kernel Linux dan komponen-komponen dari proyek GNU.
Jenis distro linux yang beredar saat kini banyak jenisnya. Peruntukannya pun saat ini sudah luas. Masing-masing distro yang beredar mempunyai keunggulan masing-masing. Ubuntu, pclinuxos, BlankOn, Patimura dan lain-lain merupakan sedikit dari banyaknya linux yang ada. Untuk mendapatkan linux tersebut anda dapat langsung mengunjungi situs linux tersebut. Linux tersebut dapat anda download dalam bentuk ISO atau anda dapat memesannya langsung.
Untuk saat ini dimana sistem operasi yang banyak beredar memiliki harga yang cukup tinggi dimana di dalamnya juga anda harus memiliki lesensi produk tersebut. Linux merupakan salah satu solusi dimana anda dapat mendapatkan suatu sistem operasi berbasis free. Kata-kata “free”  bukan berarti gratis, tetapi bermakna bebas.
Jikalau dikatakan gratis itu tidak, karena misalkan untuk mendapatkannya, anda menggukan jalan mendownload di warnet, anda pasti akan mengeluarkan biaya untuk menyewa pc di warnet tersebut. Lebih tepatnya kata tersebut diartikan bebas. Bebas disini anda dapat menggunakannya seluas mungkin dimana anda dapat memodifikasi dan menyebarkannya secara bebas.
Linux memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem operasi yang lain yaitu :
  1. Dari segi harga, Linux merupakan yang termurah. Anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 50.000,- (tergantung harga CD di pasaran jakarta) dan itupun hanya ongkos mencopy CD karena sifatnya “open source”. Dibandingkan dengan Windows NTdibutuhkan sekitar $ 212,95/user belum lagi biaya instalasi jika ingin mail server, web server, dan proxy server.
  2. Kestabilan sistem yang sangat baik bila dibandingkan dengan sistem operasi yang populer seperti Windows ’95, ’98, NT. Uptime (waktu server hidup tanpa diboot) lebih lama daripada sistem tersebut. Bahkan ada user yang tidak pernah membootnya lebih dari 6 bulan.
  3. Source code yang tersedia sehingga dapat dibuka dan dipelajari serta mendebugnya. Berbeda sekali dengan sistem operasi lainnya seperti Windows yang source codenya terenkripsi.
  4. Aplikasi yang tersedia banyak dan dapat diperoleh secara gratis dan legal. Sedangkan Windows aplikasi yang tersedia sangat banyak dan tidak gratis (hanya beberapa saja yang gratis).
  5. Dukungan perusahaan komersial seperti : Oracle, Netscape, IBM, Corel, Sun, Informix dan Adaptec.
  6. Dalam kecepatan dan perangkat keras yang dibutuhkan pun Windows NT kalah dengan Linux. Sebagai perbandingan untuk menjalankan Windows NT Server dibutuhkan minimal Pentium dengan 32 MB, sedang dengan service sama Linux hanya butuh Pentium 99 dengan 16 MB.
Sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Linux
  • http://emboech.wordpress.com/2008/09/03/keunggulan-linux/
  • http://linux.or.id/node/2878

0 komentar:

Posting Komentar