Chemical Au-Aulia

Follower

Selasa, 03 Januari 2012

VirtualBox - Oracle

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.


Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

VirtualBox pertamakali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh [Sum Microsystems].

VirtualBox adalah powerful x86  dan AMD64 / Intel64 produk virtualisasi untuk perusahaan maupun rumah. Tidak hanya merupakan fitur  yang sangat kaya, kinerja produk tinggi untuk pelanggan perusahaan, juga satu-satunya solusi profesional yang secara bebas tersedia sebagai Open Source Software menurut ketentuan GNU General versi Public License (GPL) 2.

Saat ini, VirtualBox berjalan pada Windows, Linux, Macintosh,dan host Solaris dan mendukung sejumlah besar sistem operasi namun tidak terbatas pada Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7), DOS / Windows 3 x,.Linux (2,4 dan 2,6), Solaris dan OpenSolaris, OS / 2, dan OpenBSD.

VirtualBox adalah untuk keperluan umum virtualizer penuh untuk x86 hardware, ditargetkan pada menggunakan server, desktop.

Screenshot di bawah ini menunjukkan beberapa tayangan saat menjalankan VirtualBox pada Windows, Mac OS X dan Linux /UNIX platform:

VirtualBox for Windows. Within VirtualBox Ubuntu 10.10 is running.


VirtualBox for Mac OS X. Within VirtualBox Windows 7 is running.


VirtualBox for Linux/UNIX. Within VirtualBox Windows XP is running.

bisa dilihat di situs resminya VIRTUALBOX


Apa keuntungan VirtualBox dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Yang utama adalah karena VirtualBox Free dan Open Source. VirtualBox tersedia dalam berbagai edisi namun skema lisensi yang ditawarkan cukup ramah bagi pengguna, misalnya versi OSE (Open Source Edition) yang Free dan Open Source dan versi
binary yang free untuk penggunaan personal.

Silakan baca "Panduan Instalasi dan Konfigurasi VirtualBox pada openSUSE - Bagian 1"




sumber : https://www.virtualbox.org/ , http://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox , http://linux.or.id/node/2907

0 komentar:

Posting Komentar